Minggu, 18 Maret 2012

Buka Bersama Anak jalanan Poncol Sari Semarang

           Sabtu, 21 Agustus 2011 LPSAP PMII Rayon Tarbiyah mengadakan buka bersama dengan anak jalanan di poncol sari Semarang. Poncol sari merupakan sebuah perumahan kumuh di sekitar rel kereta api Tawang Semarang. Kebanyakan anak-anak yang bertempat tinggal disana tidak dapat melanjutkan pendidikannya dikarenakan faktor ekonomi keluarga, sehingga pengetahuan akan ilmu umum dan agama masih sangat minim disana.

(kami dibantu warga sekitar untuk mengangkut barang-barang bawaan kami, Suwun Pak, Bu..)

             Kegiatan Buka bersama ini dimulai pukul 15.30 dan diikuti oleh sekitar 40 anak jalanan beserta 40 orang tua mereka. Sembari menunggu gema adzan Magrib tepat disamping rel kereta api, kami mengadakan lomba-lomba dalam rangka memperingati HUT RI ke-66. Anak-anak tersebut mengikuti lomba yang kami adakan dengan sangat antusias, meskipun banyak dari mereka yang belum menguasai secara penuh materi lomba yang kami suguhkan^^. Lomba-lomba tersebut antara lain lomba menghafal surat-surat pendek, menyanyikan lagi kebangsaan Indonesia Raya, adzan dan iqomat.

(Pembukaan acara lomba-lomba sebelum buka bersama) 

            Pengumuman lomba segera diumumkan setelah lomba usai dengan pemenangnya mendapatkan bingkisan berupa peralatan menulis. Selain pemenang, seluruh anak-anak yang mengikuti buka bersama juga mendapatkan bingkisannya masing-masing. 


(Pembagian hadiah bagi pemenang lomba oleh Bu Asrowi, Pengasuh TPQ Poncol Sari)

kami juga berkesempatan untuk berbagi dengan ibu-ibu diponcol sari berupa bahan pangan pokok. 



Buka bersama anak jalanan di poncol sari semarang ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa yang peka terhadap realitas sosial, peduli terhadap sesama serta memberikan pemahaman akan pentingnya hidup untuk saling berbagi. 

(Suasana Buka Bersama kami dengan bukaan nasi kuning dan es buah hasil buatan sahabati2 LPSAP....^^)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar