Sabtu, 17 Maret 2012

PesKil (Pesantren Kilat) Ramadhan 1432 Untuk Anak-Anak Kalibanteng Kulon SMG


Senin, 8 Agustus 2011 kami Lembaga Pengembangan Studi dan Advokasi Perempuan (LPSAP), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Tarbiyah Walisongo Semarang, bekerja sama dengan PKBI Cabang kota Semarang dan Griya Asa memulai kegiatan Pesantren Kilat (PesKil) anak untuk mengisi bulan Ramadhan 1432 H. Acara tersebut diikuti oleh anak-anak warga Argorejo Kalibanteng kulon, yang merupakan sebuah tempat resosialisasi legal di wilayah kota semarang. Pesantren kilat anak  dilaksanakan selama 2 minggu pada bulan ramadhan, yang dimulai pada hari senin (8/8/2011) dan berakhir pada hari jum’at (19/8/2011). Acara ini berlangsung setiap sore pukul 15.30 WIB dan bertempat di aula kantor griya asa yang terletak tidak jauh dari kediaman peserta Peskil anak tersebut. 

 (keceriaan adek-adek peserta Peskil yang terekam oleh kami)

Peserta Peskil ini terdiri dari anak usia 6-11 tahun. Kegiatan Peskil menyuguhkan beberapa materi ringan yang telah disiapkan oleh para pengurus LPSAP. Pesantren kilat anak untuk warga argorejo kalibanteng kulon semarang ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada anak, akan pentingnya belajar mengaji, membaca, menulis dan mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran agama islam. Materi yang disiapkan diantaranya  menghafal surat-surat pendek Al-Qur’an, belajar menulis huruf Arab, menghafal doa kegiatan sehari-hari, membaca Qiro’at dan lain-lain.

 (mereka selalu semangat dan rajin belajarnya.. salut !!! ^^)

Peserta Peskil anak juga dihibur dengan kegiatan nonton film bersama yang bertemakan pembelajaran islam, serta tausiyah tentang iman, tauhid dan akhlak oleh pembicara dari LPSAP. Serangkaian kegiatan yang diagendakan ditutup dengan kegiatan lomba Cerdas Cermat dan Buka bersama yang merupakan puncak penutupan acara Peskil Anak di Argorejo semarang.
            Dengan kegiatan Peskil ini, anak-anak dapat mempelajari pelajaran-pelajaran praktik agama diluar kegiatan sekolah. Akhirnya kegiatan tersebut dapat menyadarkan kita semua untuk mau berbagi terhadap sesama manusia tanpa memandang status dan profesi serta untuk meningkatkan amal positif di bulan Ramadhan yang penuh berkah. 

(semoga Ramadhan depan bisa bertemu dan berbagi lagi dengan kegiatan yang lebih besar dan manfaat ya dek .... )

salam advokasi ...!!
salam pergerakan ....!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar