Sabtu, 24 Maret 2012

LPSAP Fasilitator Camp

            Lebih dari 6 bulan para pengurus bergumul dalam kegiatan-kegiatan yang diagendakan oleh LPSAP. Tenaga, fikiran dan waktu mereka luangkan demi kelancaran acara yang telah diagendakan. Selama kurun waktu itu pula pengurus LPSAP periode 2011/2012 mengalami banyak romantisme dalam perjalanannya menjalankan amanat kepengurusan mulai dari keceriaan, saling tengkar yang membawa pada pendewasaan,  pasang surut semangat, candaan yang tak ayal memantik emosi ^^ dan masih banyak lagi.

            Maka pada hari sabtu (18/02/2012) hingga hari senin (20/02/2012) para pengurus LPSAP mengadakan agenda ‘LPSAP Fasilitator Camp’yang berlokasi dipantai ngebum Kaliwungu Kendal dengan jumlah peserta sekitar 30 pengurus. Acara yang belum pernah teradakan dan bisa dibilang perdana di lembaga ini. Acara yang mengusung tema ‘bermain sambil belajar’ ini dimaksudkan untuk merekatkan kembali simpul-simpul perkawanan antar pengurus yang telah terjalin lama serta untuk menggugah kembali semangat para pengurus untuk menjalankan amanat yang  telah diberikan kepada mereka. kegiatan semacam ini lebih akrab dikenal dengan nama TA (tadabur Alam), namun penekanan pada sisi pengasahan intelektual dan diskusi pengurus disamping refresing-lah yang menjadikan acara ini sedikit lebih berbeda.



(suasana pemberangkatan ke tempat kejadian perkara)










Lebih daripada itu, kader-kader LPSAP PMII dirasa perlu untuk memiliki wacana-wacana advokasi dan gerakan sosial kontemporer yang dari waktu ke waktu terus mengalami perubahan. Inilah yang kemudian menjadi tujuan dan target LPSAP untuk melaksanakan kegiatan dan memberikan kurikulum dalam rangka penataan sumber daya kader LPSAP PMII di masa depan.

(kediaman tempat acara LPSAP berlangsung)

(Bunda, sang pemilik rumah yang baiiiiik hatinya nan ramah.. ^^)

            Kepekaan akan adanya masalah-masalah sosial biasanya dimulai oleh para ahli, para cendekiawan, tokoh masyarakat dan oleh masyarakat yang merasakan secara langsung akibat merugikan yang ada tersebut. Saratnya peranan mahasiswa sebagai kaum intelektual muda ditengah-tengah masyarakat diharapkan mampu memberikan solusi dan wawasan kehidupan dengan berbekal pengetahuan tentang gejala-gejala yang timbul dimasyarakat berkenaan dengan situasi geografis, ekonomis dan politis.


                        Beberapa materi yang disuguhkan dalam kegiatan ini antara lain :
1.  Analisis Sosial ; Membedah Medan Advokasi PMII oleh sahabat Khafidh Afriyal S. Pd




2.      Peta Gerakan Advokasi dan Nilai Strategisnya oleh sahabati Yaya dari LRC-KJHAM


3.      LPSAP dan Gerakan Sosial PMII oleh sahabati Evi Nurmilasari dari Fatayat Jateng



4.      Remastering Plan: Membangun Advokasi Resources sahabati Nur Lailatuttaqwa dari LSM Yakita




(sahabat yasin saat review materi)




Dari beberapa diskusi yang difasilitatori secara tetap oleh sahabat Kusiyana (Tesa Pemrov Jateng), diadakan pula acara bedah film. Film yang dijadikan bahan analisis tentang sosio-kultur serta nilai-nilai perjuangannya adalah “The Last Samurai” dengan didampingi oleh fasilitator sahabat Khafidh Afrizal S. Pd.
           
(aksi sahabat ian saat menjadi fasilitator tetap .. )



           Banyaknya waktu yang terluangkan karna faktor kesengajaan dipergunakan oleh sahabat-sahabati pengurus untuk berbincang ringan mengenai agenda-agenda LPSAP kedepan. 




(sahabat-sahabati saat ngobral ngobrol)











(acara bakar-bakar ketela pohon tepat dipinggir pantai setelah bedah filem pada pukul 00.30WIB)





(isuk-isuk paling enak gitaran dipantai....)








           


          dari kegiatan yang telah dilaksanakan, muncul beberapa gagasan baru yang ingin direalisasikan. semoga dapat terlaksana dan semoga acara ini bermanfaat. salam sejahtera untuk kita semua ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar